C59, Kaos Legendaris Anak Muda 90an

logo baru c59 - kaos asli bandungBagi para penggemar kaos oblong, pasti tidak asing lagi dengan brand C59 asal Bandung. Kaos C59 ini pernah hits di kalangan  anak muda Indonesia, khususnya tahun 90an. Selain nyaman dipakai, pesan yang disampaikan dari isi kaos juga sangat mendalam dan kekinian. Kaos C59 laris dipakai oleh kalangan pelajar dan mahasiswa sampai sekarang.

Bagi kamu yang penasaran, brand C59 adalah singkatan dari Caladi Lima Sembilan yang merupakan nama salah satu jalan di kota Bandung. Nama tersebut merupakan alamat pemilik usaha C59 yakni Marius Widyarto Wiwied. Wiwied sendiri tinggal di Jl. Caladi No. 59, Bandung.

Wiwied memulai usahanya di bidang garmen sejak tahun 1980. Dia lebih berfokus pada kaos oblong sablon dengan model sablonan yang menarik dan tulisan penuh makna. Pada awalnya, C59 melayani pesanan kaos oblong bergambar dengan pengerjaan manual dan belum menggunakan komputer. Baru pada tahun 1985, kaos C59 menunjukkan inovasinya dari segi teknis pisah warna, jenis sablon dan meningkatkan keunggulan bahan T-shirtnya.

Wiwied memulai usahanya dengan modal awal sebesar Rp 2.500.000,- yang diperolehnya dari penjualan kado pernikahannya pada tahun 1980. Modal itulah yang digunakan Wiwied untuk membeli 2 unit mesin jahit dan 1 unit mesin obras. Selain itu, dana tersebut juga digunakan sebagai modal kerja, membeli bahan baku dan upah beberapa orang karyawannya.

wiwied - pendiri c59

Usaha ini dirintis berawal dari kegelisahannya melihat teman-temannya dari luar negeri yang begitu bangga menggunakan kaos bergambar ikon kota-kota mancanegara. Dia tertantang untuk membuat kaos sendiri dengan brand asli Indonesia dan bertekad untuk mengembangkan usahanya agar dikenal khalayak banyak. Ia juga sengaja membuat kaos bergambar patung Liberty dan kota New York dan sesumbar mengatakan bahwa omnya baru saja pulang dari luar negeri. Sejak saat itulah ia mulai dikenal mampu membuat kaos berkualitas. Kaos yang ia buat pun banyak dipesan oleh berbagai kalangan, termasuk salah satu perusahaan kontraktor.

Ketika kaos C59 makin maju, pada tahun 1990 Wiwied mengembangkan usahanya dengan membangun pabrik dan fasilitas modern serta membangun showroom pertamanya di Jl. Tikukur No. 10. Kemudian pada periode 1993-1994, C59 resmi menjadi sebuah perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan jabatan Direktur Utama dipegang oleh Wiwied hingga saat ini. Sejak saat itulah, usaha C59 makin berkembang pesat dan menyebar ke berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Yogyakarta, Balikpapan, Lampung, Malang dan Makassar.

Hingga saat ini, C59 makin menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan. Ini dapat dilihat dari jumlah showroom yang telah mencapat 22 toko dan lebih dari 250 outlet tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, C59 juga menjalin kerjasama dengan Matahari Department Store untuk mengembangkan pasar lokal di Indonesia. Wiwied sendiri sudah mempersiapkan usahanya untuk menghadapi perdagangan bebas, baik tingkat regional Asia Tenggara, maupun dunia.

desain kaos c59

C59 juga aktif menjalin kerjasama dengan pihak luar negeri untuk terus mengembangkan usahanya. Terbukti dengan tingginya permintaan ekspor tiap tahunnya. Ekspor yang dilakukan C59 bahkan sudah merambah ke pasar internasional seperti ke Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Jerman, Prancis, Inggris, Australia, Jepang, Cheko, Slovakia dan Amerika Serikat.

Beberapa penghargaan yang diperoleh C59 di antaranya adalah meraih Upakarti untuk kategori Usaha Kecil Menengah (UKM) tahun 1996 dan penghargaan internasional Merit Award untuk kategori tema : Kalender Terbaik. Untuk kamu pencinta kaos C59, pasti makin bangga dong memakai brand ini. Selain mendunia, C59 telah sukses menjadi produk kebanggaan Indonesia. Wa bil khusus anak muda zaman 90an, selamat bernostalgia!