Bisnis Jersey Bola di Indonesia, Menggiurkan !

Bisnis jersey sepakbola di Indonesia bukanlah bisnis yang “laris manis” sebelum tahun 90-an. Barulah ketika TV hadir di setiap rumah, beberapa chanel TV swasta menyiarkan pertandingan sepakbola. Dari situ masyarakat Indonesia mulai terhipnotis dengan sepakbola dan para pebisnis melihat kesempatan yang terbuka dari fenomena ini.

Penjualan jersey bola di Indonesia sendiri masih didominasi oleh jersey klub luar terutama klub-klub liga Inggris seperti Manchester United atau Liverpool. Hal ini dikarenakan orang Indonesia yang menyukai klub dalam negeri tidak lebih banyak daripada yang menyukai klub luar.

bisnis jersey bola

Alasan yang diberikan bermacam-macam, mulai dari permainan sepakbola Indonesia yang belum se-menarik klub-klub Eropa, sampai manajemen sepakbola Indonesia yang masih “ngalor-ngidul”.

Pelajari Rahasia Bisnis Jersey Sepakbola Indonesia

Meski banyak teori yang diajarkan, tapi sebenarnya tidak ada ilmu pasti dalam bisnis. Satu hal yang pasti adalah kita harus bisa jeli melihat kesempatan dan terus mengikuti perkembangan jaman. Memprediksi produk yang akan laku terjual dalam industri jersey bisa dibilang gampang-gampang susah.

Kadang penjualan bisa meningkat ketika turnamen tertentu sedang berlangsung atau kalau salah satu klub ternama mengeluarkan jersey model baru, atau penjualan jersey klub tertentu menurun karena performa klub yang sedang cenderung turun.

Di antara banyak hal yang mesti diperhatikan, setidaknya kami telah merangkum 4 hal penting yang harus kamu pertimbangan saat memulai bisnis jersey.

  1. Struktur dan Ukuran Pasar

Mengerti struktur pasar adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan. Selalu ingat, fans adalah konsumen. Itu artinya, banyaknya fans sebuah klub sepakbola mempengaruhi jumlah stok jersey yang tersedia di gudang. Stok jersey yang paling banyak adalah stok jersey klub sepakbola dengan fans terbanyak.

Salah satu pebisnis jersey sepakbola di Indonesia mengatakan jersey yang paling populer adalah Manchester United di urutan pertama, disusul oleh Chelsea, dan di posisi ke tiga ada Barcelona. Jadi sebagai ramalan stok barang di gudang, mungkin kamu harus memperbanyak produk dari 3 klub yang telah disebutkan.

  1. Klub dengan Perfoma Terbaik di Musim yang Sedang Berlangsung

Ini adalah salah satu tren yang akan memberikan efek yang cukup besar pada struktur pasar. Klub-klub yang berada pada urutan 5 besar di liga-liga raksaasa seperti EPL, La Liga, Serie A dan yang sedang berlaga di Liga Champion akan mengundang para fans-nya untuk membeli jersey klub mereka.

Kamu harus selalu memperhatikan perkembangan klasemen bola di tiap liga sebelum kamu memutuskan untuk menambah stok.

industri sepak bola

  1. Pemain dengan Performa Terbaik

Selain badge klub bola favorit, hal lain yang membuat seseorang membeli jersey sepakbola adalah nomor punggung dan nama pemain idolanya. Semakin besar nama seorang pemain bola semakin banyak fans yang akan menggilainya. Ini adalah kesempatan besar untuk meraup keuntungan.

Tidak banyak peminat jersey Cristiano Ronaldo saat di Sporting Lisbon. Jersey CR7 semakin banyak diminati ketika pemain Portugal ini mulai dilirik oleh Sir Alex Ferguson dan ditarik main ke klub setan merah. Jersey Man. UTD milik CR7 mulai tersebar luas dan semakin hebat popularitasnya ketika Ronaldo memutuskan merumput bersama Real Madrid.

 

Layaknya industri-industri lain, bisnis jersey bola akan selalu tentang prediksi dan spekulasi. Memang tidak ada yang benar-benar pasti tapi kita selalu bisa memperbesar kesempatan kita untuk menang. Seperti halnya perjudian, bisnis selalu diwarnai dengan untung-rugi. Contohnya, situs mahabet.org  yang telah bertahun-tahun melayani member-membernya dengan profesional dan akan selalu menyajikan pengalaman terbaik dalam berjudi online.